Minggu, 01 Mei 2011

BAPA KAMI

oleh: P. Victor Hoagland, C.P.

Inilah doa yang diajarkan Yesus kepada kita. Ia mengatakan bahwa Tuhan adalah Bapa-Nya dan Bapa kita. Jadi, bersama Yesus dan bersama semua orang di mana saja, kita berdoa:

Bapa kami

Kita tidak dapat melihat Tuhan dengan mata kita. Tuhan itu jauh di luar pengertian kita, di surga. Tetapi, Tuhan mendengarkan kita dan ingin agar kita datang dekat pada-Nya. Jadi, kita berdoa:

yang ada di surga,

Kita menghormati nama Tuhan yang kudus. Apabila kita mendengar nama Tuhan, seharusnyalah kita bergembira sebab Tuhan menjadikan segala sesuatu. Tuhan menciptakan kita dan mengasihi kita. Jadi, kita berdoa:

dimuliakanlah nama-Mu.

Tuhan hendak mendatangkan hal-hal baik bagi dunia. Dan kita dapat membantu-Nya dengan melakukan perbuatan-perbuatan baik setiap hari. Jadi, kita berdoa:

Datanglah kerajaan-Mu.
Jadilah kehendak-Mu
di atas bumi seperti di dalam surga.

Tuhan itu seperti seorang Bapa yang murah hati. Kita membutuhkan makanan agar sehat dan kuat; pakaian agar nyaman dan hangat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi, kita berdoa:

Berilah kami rejeki pada hari ini,

Tuhan mengampuni kita jika kita berbuat salah. Oleh karena itu, kita juga harus mengampuni mereka yang berbuat salah pada kita. Jadi, kita berdoa:

dan ampunilah kesalahan kami,
seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami.

Kemana pun kita pergi, Tuhan ada di sana menggenggam tangan kita dan membimbing langkah kita. Bahkan dalam bahaya, Tuhan akan menolong kita mengetahui apa yang harus kita lakukan. Jadi, kita berdoa:

Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan,
tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin.


sumber : “Our Father” by Fr Victor Hoagland, C.P. ; Copyright 1997-2002 - The Passionist Missionaries - All rights reserved; www.cptryon.org/prayer/child
Diperkenankan mengutip / menyebarluaskan artikel di atas dengan mencantumkan: “diterjemahkan oleh YESAYA: www.indocell.net/yesaya atas ijin Fr. Victor Hoagland, CP.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar